Rabu, 08 Juni 2011

AADM (Ada Apa Dengan Mukaku?!)

Setelah menimbang, merenung dan mengantuk, nah loh… Gue ngerasa hal yang menghambat kisah asmara gue itu bukan salah uler. Gue tahu dan sadar, modal seorang yang jadi inceran para cewe tuh pasti adanya dimuka.

Lalu apa yang salah dengan muka gue?????????
Sebelumnya gue mau curhat dulu kalo sebenarnya musuh bebuyutan gue tuh dari dulu ya cermin. Dulu gue sering baca-baca cerita anak, salah satunya cerita tentang putri salju. Nah, disitu kan ada tuh adegan ‘Mirror mirror on the wall’. Secara, otak gue yang udah jenius dari sananya langsung kepikiran buat praktek kerja nyata. Gue ambil cermin yang biasa nyokap pake kalo dandan. Dengan segenap perasaan gue memantapkan diri dan mengintip ada apa gerangan yang terlihat disana….
Sebelumnya tak lupa gue baca mantra dulu…
Mirror mirror in the hand, siapa orang terganteng dimuka bumi ini…??

Bumi seketika gonjang-ganjing, angin menderu menyapu seluruh daratan bumi. Awan tiba-tiba memekat hitam, badai juga kayaknya siap ikut-ikutan main bersama tuh. Kayaknya sih main petak umpet atau paling enggak lompat tali.
Dan diantara semua keributan itu, gue mengintip cermin tersebut. Astaga…
Ternyata cowok paling ganteng didunia ini adalah… ANOMAN!!!

Yah, dengan jelas gue lihat sosok anoman dari dalam cermin itu. Saat itu gue mengelus dada, merasa cukup bersyukur. Walaupun gue gak pernah tau muka gue kayak apa, tapi setidaknya enggak parah-parah amat dan jauh lebih baik daripada wajah Anoman didalam cermin itu. Dan saat itu juga gue sujud syukur.

Tahun-tahun pun berlalu. Seiring dengan berjalannya waktu pikiran gue pun semakin terisi dengan kejeniusan yang tiada tara. Sekarang kalau gue baca buku pasti yang ada ilmiah-ilmiahnya. Malah gue sering mencibir cerita-cerita dongeng yang dibaca adek gue…
“Itukan bohongan, enggak nyata… mana ada cermin yang ngasih tau muka siapa yang paling cantik didunia ini…”
Err… Gue jadi inget kalau gue dulu juga percaya hal itu. Tapi dulu kan emang ada wajah Anoman dalam cermin itu. Ah, tapi enggak mungkin. Itu tahayul…
Maka, demi tegaknya sains dan teknologi, gue bakalan membantah dan membuktikan kalau itu semua kaga bener. Diam-diam gue ambil cermin yang dulu waktu kecil gue pake buat nanya orang terganteng didunia ini. Gue, dengan sedikit parno kembali menggumamkan mantra-mantra…
“Mirror-mirror in the hand, siapa orang terganteng dimuka bumi ini…???”
Gue mengintip, astaga…!!!

Wajah Anoman yang gue anggap absurd itu kembali hadir. Walaupun sekarang kelihatan agak gedean dikit tapi gue yakin, beribu-ribu yakin kalau itu muka yang sama kayak yang dulu…
Gue mengelus-elus dada, bukan bersyukur sekarang. Gue mengelus-elus dada berusaha tabah. Ternyata muka Anoman itu ya MUKA GUE!!!
Aje gile, gue pengin nangis darah….!!!
Sejak saat itu gue udah memutuskan, GUE PUTUS HUBUNGAN AMA CERMIN!!!

Aduh… Cerita kayak gitu bikin gue kembali pengin nangis…
Gue kadang suka merenung sendiri. Dikasur, dikursi bahkan ditoilet gue pun sering ngelamun. Ya Tuhan, azzab apakah yang menimpaku ini…

Pagi tadi, sehabis dari toilet tanpa sengaja gue lihat muka gue dicermin.  Ah… ternyata gue enggak jelek-jelek amat kok… Enggak ada yang kurang, malah lebih. Yah, kelebihan gue ada dibibir… Bahkan dulu waktu SD, gue suka dipanggil sama temen-temen “BIMOLI”… Eits, tunggu dulu…  ini bukan promosi lho, karena BIMOLI itu singkatan dari BIbir MOnyong Lima sentI….
Emang deh, temen-temen gue paling kreatif kalo nyela orang lain.

Beberapa hari yang lalu, gue ikut training dari kantor. Namanya Neuro Linguistic Programming disingkatnya NLP. Satu hal yang gue inget banget kata-kata dari trainernya yang ngomong Distorsi.

Distorsi apaan si?
Menurut orangnya Distorsi itu proses dalam pikiran yang mengganti makna tentang sebuah situasi atau kejadian, dan juga menyebabkan pergeseran realitas.
Bingung? Sama, he he he….
Gini contoh gampangnya. Seseorang yang sedang mengalami apa yang banyak dikatakan orang sebagai ‘kerugian’ bisa menganggapnya sebagai ‘pembelajaran’ sehingga ia tidak akan merasa sakit hati  atau kecewa yang berkepanjangan. Realitas bergeser dari kemungkinan ‘bencana’ menjadi ‘pembelajaran’ yang berharga.
And than, kini saatnya hal itu digunakan dalam kehidupan gue.

Pikiran gue mulai mulai men-distorsi kemungkinan-kemungkinan yang baik tentang muka gue.
Pertama-tama gue ngebayangin kalau muka gue ini emang turunan dari kakeknya kakek gue yang dulu. Pasti dulu orangnya kaya Usher dah. Dan kesimpulannya bibir gue yang one size ini turunan dari Usher. He he he… ngiri kan loe pada… Gila, berarti kakek gue pernah nyanyi bareng Alicia Keys dong. Tapi, semakin gue membuat distorsi kayak begitu kenapa malah jatohnya kebayang ke mukanya Dono yak?

Arghhhh!!! Gagal dah….

Kedua-dua (setelah gagal yang pertama-tama) Gue sekarang membayangkan keturunan dari Neneknya nenek gue.

Ehmmm, enaknya siapa yak yang bibirnya sexi mampusss gitu.
Aha… Gimana kalo Angelina Sondakh, eh maksudnya Angelina Jolie. Wah, enggak kebayang nenek gue dulu pernah jadi Tomb Rider naik motor gede sambil bawa tembakan gitu. Dar der dor… Pasti yang ngalahin belanda jaman dulu tuh nenek gue… Wakkakakkk… Ngaco…
Ah, tapi kayaknya Angelina Jolie terlalu muluk dah…
Soalnya enggak mungkin kakek gue gantengnya kayak Brad Pit. Kalo kakeknya ganteng kayak gitu pasti gue juga kecipratan. Nih malah mungkin kayak Ban Pit*

Gimana kalo diganti Rihanna ajah….
 Kebayang sekarang dalam pikiran gue, nenek gue pegang-pegang payung, pake kebaya ma kemben yang dirobek sampe paha lalu jalan kanan-kiri sambil goyang bin joget, ela… ela… e… e…

Tapi koq makin dilihat makin mirip omas yak??? Huh u hu…. Distorsi gue ternyata kurang kuat. Yah, percuma dah gue ikutan training ntuh!!! Untung gretong… ha ha ha…. Hidup gratisan…!!!





*Bahasa gaulnya Ban Sepeda, Wakakakk… ngaco!  Maksudnye bahasa jawanya ban sepeda…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar