Rabu, 08 Juni 2011

Cinta Itu…

“Bodoh amat…”
            Gue paling enek kalo ada seseorang yang ngomong begitu. Gimana enggak. Sebagai seorang insan manusia yang terlahir dan dianugrahi nama ‘Amat’, gue enggak ngerasa bodoh-bodoh banget. Yah, cuma rada kurang pinter aja (?)
            Oke, oke… sebagai bukti kalau gue enggak bodoh, gue bakal tunjukin primbon cinta gue yang sebentar lagi bakal teruji keampuhannya. Secara, gue lagi PeDeKaTe sama cewek tercakep plus idola di sekolah gue, SMU Tamtama. Namanya Rika. Gue bakal buktiin kalau kata-kata ‘bodoh amat’ itu enggak bener sama sekali. Menyimpang dari norma-norma kebenaran tentang kenyataan bahwa gue enggak bodoh, cuma rada kurang pinter aja. (!)
*****
            Cinta itu… baru bisa dikatakan cinta kalau lo merasa suka saat pertama kali memandangnya. Yah, bahasa kerennya Love at The First Sight, atau sejenis itulah (kayaknya sih). Seperti gue yang jatuh cinta saat pertama kali melihat Rika saat MOS sekolah. Bintang-bintang seketika berbinar dideketnya. Tapi, menurut gue tetep Rika yang jadi bintangnya siang itu. Eh, siang kok ada bintang (?) Pokoknya waktu itu dia bersinar… Cling-cling, begitulah bunyinya… Gue cuma bisa terpana, tapi suer deh, gue enggak sampai ngences… Cuma mulut gue terus-terusan menggumam… “Ya Tuhan, inikah namanya cinta...?”
            Sesaat setelah gue menggumam, tiba-tiba semahluk cupid berjenggot datang membisik ditelinga gue. “Ya, inilah cinta… Pandangi, resapi dan nikmatilah keindahannya…” Dan sejak itu gue yakin, gue sudah jatuh dalam cinta…
            Ya, ya… Diantara kalian pasti ada yang protes tentang rupa cupid itu. Kenapa bukan malaikat imut berupa anak kecil gendut bersayap kecil sambil memegang panah berbentuk hati….
 Sory… ada ajaran nyokap gue yang selalu gue junjung tinggi, yaitu ‘Anak kecil enggak boleh pacaran’. Jadi gue tampilin yang agak tuaan. Lagian orang tua itu kan orang yang sudah banyak makan asam garam kehidupan, jadi bisa lebih bijak dalam menanggapi masalah. (tapi kalau tua harus banyak makan asam sama garam mending gue muda terus aja, bisa makan pizza, hamburger, ya… minimal pecel lele lah…)
*****
            Percaya atau enggak, cinta itu… buta! Buat gue menanggapi sikap Rika yang cuek, gue harus pura-pura buta. Itu buat lebih nerbitin PeDe gue biar lebih over dosis, setinggi langit. Dan cinta memang buta, andaikan suatu hari nanti Rika bisa suka sama gue karena tampang gue jauuuhhh banget kalo dibandingin sama Collin Edward dalam film Twillight,  tapi tetep rada ganteng kok…
            Eh-eh… kok pada nglemparin tomat ke gue sih?
Oh, sory yach… Fans Twillight pada protes enggak terima, nama tokoh di Twillight kan bukan Collin Edward yah, tapi Edward CullenWah, sory kalo salah… Kalo gitu Collin Edward siapa yah? Au, ah…
Back to story aja deh…
            Berbulan-bulan gue mendambakannya, membuat gue jadi gila. Ini catatan ketiga dalam primbon, cinta itu… gila! Buat ngerebut perhatian doi, gue rela tiap istirahat nongkrong di perpus, baca koran tiap pagi biar tambah wawasan. Bahkan, gue sampai ngapalin tanggalan… alasannya simpel aja, kali aja suatu saat Rika tanya…
            “Eh, hari ini tanggal berapa yah?”
Maka gue udah sigap menjawab…
            “Tujuh belas Februari, Ri… Besok kan hari ulang tahun lo….”
Aih, sempurna….
            Enggak cukup disitu aja. Tiap malem gue belajar segunung buku. Matematika, Sejarah, Ekonomi, Bahasa Indonesia bahkan sampai Bahasa Sansakerta juga gue pelajari.(?) Alhasil, nilai ulangan gue naik kayak didongkrak sama traktor. Jebred…!!!! Sekarang, gue sudah berhasil jadi pusat perhatian orang lain, terutama Rika. Kalaupun dia minta contekkan, maka dengan senang hati gue kasih semua. Kalau bisa gue malah rela tuker otak sama dia. Tuh, kan… cinta memang gila …
            Satu hal yang sudah pasti 100% berubah. ‘Bodoh amat’ dicoret dari kamus bahasa, diganti ‘Pintar amat’. Lha memang sekarang Amat pinter kok…

*****
            Dan… Eng ing eng… Jerih payah gue selama ini membuahkan hasil. Kemarin Rika ngajak gue jalan… Wuih, bukan main senangnya… It’s time to… siap-siap!!! (lupa, siap-siap bahasa inggrisnya apaan…)
            Pagi-pagi buta, gue udah nyetrika rapih kemeja putih gue. Digantung rapi dibalik pintu. Sesekali semprotin minyak wangi aroma melati yang gue beli dipasar malem kemarin. Wuih… Baunya udah kayak orang habis pergi haji aja…
            Ritual mandi yang biasa gue lakukan dengan metode YPB (Yang Penting Basah) kini harus semendetail mungkin. Gue udah kayak arkeolog yang mengikis hati-hati setiap inci body gue. Membersihkan daki-daki yang selama ini hidup tentram disetiap lekuk badan, lalu membilasnya bersih pakai air kembang tujuh rupa.(?)
            Dan terakhir adalah sentuhan sisir yang menelisik setiap belai rambut gue. Menyibaknya rapi, lurus kebelakang, pokoknya sudah kayak aktor film deh. Saat bercermin, dengan santai gue bertanya, “Wahai cermin… Siapa orang terganteng dimuka bumi ini...??”
            Dan cermin itu menjawab, “Tentu cuma anda, Yang Mulia…”
            Gue tersenyum. Ya iyalah cerminnya ngomong begitu. Lah, gambar yang ada dicermin kan bayangan gue… Ya, terserah gue mau ngomong siapa yang terganteng…
            Hmm… Tampilan udah keren, kemeja keren, sepatu… jangan tanya deh. Tapi, kayaknya masih ada yang kurang… Gue inget-inget lagi… Ah, iya… biar lebih romantis kenapa enggak bawa bunga mawar saja sekalian…
            “Putri, kupersembahkan seikat bunga mawar ini… Sebagai tanda cintaku yang selalu mekar dan mewangi setiap hari….” *
            Aih, sempurna…

* Karena kata-kata ini adalah hasil bajakkan dari telenovela, maka dalam teks ini untuk sementara kata gue diganti ku. Ingat, mencuplik kata itu harus seperti aslinya !!! (ha ha… sok bijaksana, jayus…)
Maka mampirlah gue ketoko bunga milik kokoh Asiong didepan jalan sana. Sejenak sibuk buka dopet lipat tiga yang gue ambil dari kantong belakang. Ah, aman… ada duit, lalu gue memesan seikat mawar merah sama kokoh…
            “Berapa, Koh…???”  Gue menanyakan harga.
            “Cepek Ceng, lah…” kata kokoh Asiong itu dengan logat yang kental.
            “Ah, masak segitu… Dua puluh ribu, yah…”
            “Lu Gilah…” katanya.
            Wah, kokoh cari ribut nih… Masak gue dibilang Gila(h). Dalam konteks ini (h) nya dilupakan.
            “Wah, koh… Eggak boleh juga enggak apa-apa, tapi jangan ngatain gitu dong…” kata gue marah.
            Kokoh Asiong kini cuma diam saja, kebingungan ngeliat gue emosi.
            Dan gue yang udah enek dengan dia, langsung cabut. Gue sebel banget sama dia, ngatain orang seenaknya.
            Tapi kenyataannya, waktu itu kokoh sama sekali enggak ngatain gue. Dia Cuma bilang  “Lugi lah…” ditranslasi dari bahasa cadel “Rugi lah…”
            Wah, ternyata gue yang salah… Sory ya, koh….^_^
*****
            Selepas dari toko kokoh, gue langsung cari tempat bunga yang lain. Yah, kebanyakan orang pada jualan Anthurium, harganya mahal lagi… Ngapain bawa bunga begituan. Mending bawa daun pisang, lebih lebar terus serbaguna lagi, bisa buat payungan kalau hujan atau bisa dipakai buat bungkus nasi…
            Yah, apapun adanya, cinta itu… butuh pengorbanan!!! Gue rela berkorban jalan kesana kemari demi mendapat bunga mawar… Dan, catatan penting bahwa gue rela merogoh kocek lebih gede dari pada waktu ditoko kokoh… Lagian sih, kokoh pake ngatain gue gila segala… Gue kan jadi tengsin kesana lagi.
            Penampilan gue udah sempurna…
            Dari atas, rambut keren. Kemeja oke lah, walaupun agak bau-bau gimana gitu, gara-gara keliling cari bunga. Celana, necis, man… 100% cotton gitu di banderolnya… (Ah, lupa belum dilepas nih…) Sepatu mengkilat dengan semiran banyak plus pembasah ludah lalu digosok sampai keluar jin-nya (?)
            Pokoknya sempurna…
            Tetapi ternyata masih ada satu rintangan.
            Rumah Rika diseberang kali… Untuk nyebrang gue kudu muter sampai jembatan yang letaknya nun jauh disana. Ah, nggak ada waktu lagi. Entar keburu Rika jengkel nunggu.
Ada sih jalan lain, yaitu pakai jasa perahu getek yang orangnya malah lagi tidur santai. Tapi itu artinya duit modal harus bertambah. Yah, demi cinta… cinta kan butuh pengorbanan.
            Akhirnya gue sekarang sudah ada diatas perahu. Abangnya mukanya masih ada cap aneka kepulauan nusantara. Dasar jorok… Ah, sudahlah… Gue kini tengah menyeberangi lautan luas demi mencari cinta sejati. Gue berdiri di ujung kapal, merentangkan lengan, merasakan hembusan angin yang menerpa, semilir… Ah, disela-sela gemerisik debur ombak dan nyanyian burung camar, sayup-sayup gue dengar sebuah lagu…
            “Eh, ujan gerimis aje, ikan lele diasinin…”
            Gue memandang jengkel sebuah radio butut yang tergeletak disitu. Hei, hei… Harusnya kan lagunya Celine Dion, ‘My Heart Will Go On’ biar berasa di TITANIC, masak lagunya Alm. Benyamin.
            Abang itu balas menatap gue dengan jengkel. Oh, ternyata udah nyampe… Gara-gara berkhayal lagi dilaut gue sampai-sampai enggak nyadar udah nyampe disebrang.
            “Berapa, bang…” tanya gue.
            “Dua ribu…” jawabnya kasar.
            Ah, kecil… Cuma segitu aja…
            “Eh..!!!” seru gue tertahan. Alamak… Kantong celana gue bolong, padahal kan masih baru… Yang lebih bikin gue panik, dopet sama duit gue enggak ada. Pasti tadi jatuh dijalan deh…
            Si abang yang curiga sama tingkah gue makin menyelidik.
            “Kenapa…? Enggak punya duit…?” tanyanya seram.
            “Err.. Kantong celana gue bolong bang… Sory ya, gimana kalau gue bayarnya nanti, waktu pulang…” kata gue berusaha tenang, tapi tetep aja keringat dingin keluar terus dari jidat.
            “Berani-beraninya lo bangunin gue tidur, cuma buat numpang gratis… Sana berenang…!!!”
            Serta merta abang itu ngedorong gue jatuh kedalam kali.
            BYUURRR…
            Cerita di Titanic salah. Bukan Kapalnya yang tenggelam duluan, tapi aktor cowoknya. Lihat aja gue sekarang, seorang Jack yang diceburin saat Titanic itu masih gagah membelah kali. (Bukannya harusnya samudra, ya…)
Gue cuma bisa memaki saat baju udah basah kuyup.  Mana kalinya bau lagi… Dasar, enggak punya peri ke-manusia lagi jatuh cinta-an.
            Mau apa lagi. Apes ya tetep apes. Gue, sambil terus menghujat enggak jelas meninggalkan abang tukang perahu itu yang ‘kayaknya’ kembali ngorok. Terlintas pikiran mau balik buat ganti baju, tapi setelah menimbang lagi akhirnya gue urungkan.
            Siapa tahu malah jadinya begini; Gue datang ke rumahnya Rika dalam keadaan begini, lalu Rika yang melihat gue dari jauh langsung berlari menghampiri. Dia memberondong gue dengan beribu pertanyaan. ‘Lo kenapa, Mat? Enggak ada yang luka, kan? Lo baik-baik aja, kan?’
            Dan gue cuma tersenyum ringan…’Sama sekali enggak apa-apa. Bahkan, gue bisa melakukan yang lebih dari ini, demi cinta…’
            Aih, tanpa terasa gue cengar-cengir sendiri kayak orang bloon. Bayangan itu menyatakan kalau cinta itu… menerima apa adanya. Dan gue yakin, Rika bakal menerima gue dengan baik, apapun keadaan gue…

            Akhirnya rumah Rika kelihatan. Didepan rumahnya gue merapikan pakaian gue yang memang sudah acak-acakan plus wewangian alami got. Bel gue pencet dua kali, setelah itu kulihat Rika keluar dari rumahnya.
            Ah, biar bagaumanapun, Rika tetap cantik… Enggak nyesel gue sampai diceburin ke dalam kali. Cinta memang butuh pengorbanan…
            Sejenak Rika menatap gue, dari romannya dia kelihatannya kaget.
            Pasti sebentar lagi gue bakal diberondong pertanyaan,…
            “Lo kenapa, Mat…?” tanyanya.
‘Satu kali…’ hitung gue dalam hati
Tapi, ternyata enggak ada lagi pertanyaan yang menyusul. Malah tadi pertanyaan Rika nadanya menggantung dan ditambah lagi fakta bahwa rangkaian jemarinya menutup mulut serta hidungnya.
            “Ng, anu…” gue tergagap menyadari kenyataan itu.
            Sebelum gue menjawab, saat itu seseorang datang memakai motor dan berhenti didekat kami. “Hei, Rika. Jalan yuk…” ajak cowok itu masih diatas sepeda motornya.
            Rika memandang cowok itu. Sedikit menimbang-nimbang. Ah, pastilah sangat sedikit menimbang karena tak lebih dari dua detik dia sudah menyahut, mengiyakan.
            “Ayo, sebentar yah, gue ambil tas dulu…” teriak Rika sambil lalu.
            Dan cowok itu cuma tersenyum meremehkan saat memandang gue.
            Sebentar Rika sudah keluar lagi dan langsung duduk diatas sepeda motor itu. Sang cowok tersenyum penuh kemenangan. Semakin menganggap gue pecundang.
            “Rika, bukannya kita sudah janjian…” kata gue mengingatkannya.
            Rika menatap gue dingin. “Dengan baju kotor kayak gitu…” cibirnya.
            “Tapi, Rika. Bukannya cinta itu menerima apa adanya…” sergah gue masih enggak rela Rika memutuskan jalan dengan cowok lain. Dia kan janjiannya sama gue.
            “Dasar…” kata Rika enteng. “Cinta bukan menerima apa adanya, tapi cinta itu menerima ada apanya. Lah kamu, ada apanya…?”
            Kilat seketika menggelegar menyambar gue. Gue sadar, selama ini gue salah menyukai Rika. Tapi tetap saja gue cuma bisa luluh saat dia ngacir begitu saja sama cowok lain. Dan saat itu hati gue sudah remuk jadi abu.
            Mungkin kalian bisa ngomong ke gue sekarang; ‘Jelek amat nasib lo’. Emang nasib Amat jelek. Emang nasib gue jelek…
            Yang jelas, sebuah kata yang bakal gue tambahin dalam primbon cinta gue; Cinta itu investasi, jadi perlu modal yang banyak.
            Sekian.

Permisi dulu, gue mau nangis sebentar…

*****

PRIMBON CINTA
By. Amat Makroji

Ø     Cinta itu…Baru bisa disebut cinta kalau terjadinya pada pandangan pertama. (Love at The Firs Sight)
Ø     Cinta itu… Buta.
Ø     Cinta itu… Gila.
Ø     Cinta itu… Butuh pengorbanan.
Ø     Cinta itu… Menerima apa adanya (Versi gue) / Menerima ada apanya (Versi Rika) dan entah mengapa, semakin kesini gue semakin ngerasa pendapat dia emang tepat. {Hu hu…gue jadi pengin nangis…}
Ø     Cinta itu… Investasi, jadi perlu modal yang banyak. Modal tampang, modal uang, modal motor, modal baju keren dan yang penting modal hokki… (kata yang dikutip dari kokoh Asiong)

Moga bermanfaat. Sekian…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar