Rabu, 08 Juni 2011

Ultah Perusahaan

Hem hem… Barusan denger kabar kalo besok perusahaan bakal ulang tahun yang ke-8. Wah, makan-makan gretong dong. Siap siap bawa kantong kresek ah. Kali ajah banyak sisa makanannya ~He he… Segitu mengenaskannya~
Yang jadi masalah, besok tiap departemen termasuk kantor cabang musti kudu wajib nyumbang buat perusahaan.
Pak Tri, yang dapet info dari Mba Ve langsung nanya ke gue. “Eh, no. Acara besok mau nyumbang apaan?”
Gue sebagai pribadi yang sosialis langsung deh ngeluarin dompet kesayangan dari saku belakang. Gue longok sebentar… “Wah pak Tri. Recehan gue abis buat nyumbang Prita…”
Pak Tri ngakak denger ucapan gue tadi. Kayaknya sih ngetawain isi dompet gue yang ternyata berstatus recehan semua, udah gitu abis lagi. Udah habis ketawanya, yang bikin gue sakit ati, Pak Tri ngomong kalo yang dimaksud nyumbang itu ya nyumbang acara. Bukan nyumbang recehan.
Oohh, jadi tadi ngetawain itu…
Kalo acara, gue sama sekali enggak ada ide. Pak Tri tiba-tiba nyuruh gue bikin puisi. Yah, mau gimana lagi, kita dikasih taunya mendadak. Selidik punya selidik, HRD salah kirim alamat email. Jadi kabar itu nyangkut deh entah kemana. Nah, buat nutupin malu, mau enggak mau kita harus ngadain acara. Walaupun cuma baca puisi, yang penting ngisi.
            Alhasil, gue bikinlah poisi itu dalam tempu yang sesingkat-singkatnya. Rekor, man… Dua menit!
            Pak Tri, yang ditugasin koordinir acara langsung buat gagasan. “Gimana kalo besok semua pake baju putih…”
            Gue sih oke-oke ajah.
            “Jadi besok semua pake baju putih. Ve putih, Pipit putih, Tjong oto putih, Bang mili putih…”
            “Bentar-bentar pak tri…” potong gue. Pak Tri natap gue yang kelihatannya punya gagasan tersendiri.
            “Kayaknya tadi fitnah deh…” lanjut gue serius.
            “Fitnah apaan?” Pak Tri makin enggak ngerti.
            Gue menghela nafas. “Ya soal bang Mili. Sejak kapan bang Mili putih, orang kulitnya kelam kayak awan mendung gitu, kok…”
            Semua ketawa, kecuali bang Mili yang langsung geplak gue pake penggaris. Aduhh!!!

            Yep, akhirnya ditetapkan kita emang cuma nampilin baca puisi. Sayang juga sih, karena yang menang dapet hadian duit. Lumayan tuh… Sehabis baca puisi ternyata masih ada satu perlombaan lagi yang kudu kita ikutin, yaitu jadi Abang None perusahaan. Syaratnya Abangnya adalah cewek dan Nonenya dari kaum cowok.
            Gue yang berstatus pegawai rendahan, biasanya disaat-saat begini bakalan kena imbasnya. Ini terbukti saat tatapan mata semua orang ngelirik gue dengan pandangan mengintimidasi. Gue, yang ngerasa akan ada musibah sontak pengin lari dari situ. Tapi sayang, gue telat. Akhirnya gue ketangkep juga dan dijadiin tumbal; jadi banci Taman Lawang.
            Gila, malu-maluin historys gue seumur hidup. Dibedakin, dilipstikin, huek… Udah gitu enggak menang lagi. Ini karena ternyata banyak karyawan dari departemen lain yang lebih bakat jadi banci, not me… Mbak Ve juga jadi korban. Cuma bedalah rasanya cewek jadi cowok sama cowok jadi banci. Kenyataannya lebih malu-maluin banci daripada cewek tomboy, kan…
            Enggak lagi-lagi deh. Lain kali kalo masih nemuin ultah perusahaan lagi, gue bakal ngumpet secepetnya. Sekian jam dari saat lirikan berbahaya itu menyergap gue lagi. Hiiii… Kabur… 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar