Rabu, 08 Juni 2011

Pelangi (Antara bidadari dan Laprechaun)

Beberapa waktu lalu, gue sama temen gue dapat sebuah panggilan Interview. Umm, sebenarnya gue sih udah kerja, cuman gue kasian ma temen gue satu ini, karena udah mulai nganggur dikota ini. Jadi gue ikut deh datang aja kesana. Sekalian jalan-jalan, walaupun harus bolos satu hari… ~He he… Sory boz, pura-pura sakit…~
Karena tempat yang kita tuju itu ada didaerah Bekasi, makanya kita sepakat naik kereta aja di Stasiun Kota. Sesampainya disana… Eng ing eng… Ternyata disana ada perubahan besar!!!
Stasiun yang dulu gue kenal dengan kekotorannya sekarang berganti muka. Dimandiin, dikasi bedak, trus pake pakaian yang layak…
Sueeerrr… gue pangling dengan pemandangan ini.
Kadang gue berpikir… ~berhubung mikirnya hanya kadang-kadang~ Gue pernah menulis naskah novel karena terunspirasi akan kedekilan Jakarta, siapa yang berani ngerebut semuanya dari gue ??!!! (Sebelah muka gue arsiran gelap, diluar petir menggelegar tujuh hari tujuh malam)
Kelamaan yak….
Tapi dari lubuk hati paling dalam ~ceileee, bahasanya fotokopian buram…~ gue seneng akan perubahan ini.
Cuman satu tanya gue kawan, sampai kapan semua itu akan bertahan…?
Udah deh ngomong stasiunnya.

Akhirnya sampai juga gue ditempat panggilan interview, di Astra waktu itu. Gue sama temen gue daftar jadi mekanik disini. Baru nongol didepan dealernya nyali gue udah menciut. Mana tempatnya gede lagi, apa skill gue mampu menembus semua ini… Tapi, niatan semula gue juga cuman nemenin sohib gue ini doang. Ow iya. Nama sohib gue ini Gopur. Dia yang emang udah kebelet pengin kerja karena merasakan susahnya hidup tanpa penghasilan sehingga terus ngedesak gue. Akhirnya gue pun turut serta, dengan catatan nemenin doang! Sampai didalem kita beserta beberapa pelamar disuruh nunggu diluar, nunggu giliran eksekusi diruang interview itu. Gopur panik gitu, sedang gue nyantai aja, kan udah niatan mundur.
Berhubung gue udah berniat mundur, jadi Gopur gue suruh aja masuk ke ruang interview duluan. Dia gemetar gitu, tapi dikuat-kuatin sambil nelen ludah. Tapi tindakan ini gue curigai karena dia belum nelen makanan apapun dari pagi, jadi cukuplah berhemat dengan nelen ludah doang. ~Ya ampyunnn segitunya yak!!!~
Begitu Gopur masuk, gue kembali merenung. Perasaan gue agak-agak ngerasa sayang kalo udah datang kesini tapi enggak nyoba ikut interview juga. Kayaknya minta ijin pura-pura sakit ke kantor pun jadi semakin kerasa dosanya. Gue memejamkan mata, menimbang-nimbang. Ah, apa salahnya dicoba…
Gopur keluar dengan muka pucet kaya abis direndem tip-ex. Peluhnya bercucuran kelantai. Gue tanya apa susah. Dia ragu menjawabnya, antara iya ama enggak.
Terus gimana keputusan gue?
Gue udah mantap hati. Gue bilang ke Gopur gue akan coba, supaya kedatangan kesini itu enggak sia-sia. Minimal kita dapat pengalaman interview lah.

Dan gue pun melangkah keruangan itu. Nama orang yang seleksi ini Bapak Alex. Kumisnya lebat, sorot matanya tajam. Tapi, dia baek setengah mati loh. Awal-awalnya sih gue takut, sampe-sampe waktu disuruh ngenalin diri gue gelagepan.
Setelah itu Bapak Alex ini lebih suka ngasih soal daripada tanya-tanya pengalaman, keluarga atau juga tentang pekerjaan sebelumnya. Gue sempet berpikir, ni interview apa tes SPMB sih…
Setelah puas melihat jawaban gue dia nanya hal yang paling sensitive bagi para pelamar kerja. Dia nanya gue mau gaji berapa. Yah, gue sebut aja jumlah rupiah yang gue pinta. Dia sepertinya sih bisa mempertimbangkan, ah, lampu hijau nih… Tapi waktu dia nanya kenapa gue banting setir dari kerja kantoran ke bengkel, gue cuman bisa diem. Sambil memandang gue dalem dia malah kasih nasehat yang enggak bakal gue lupain seumur hidup.
“Kalo menurut bapak pribadi, lebih baik kamu mencari pekerjaan tetap pada jalur kantoran. Cuman ditingkat yang lebih tinggi semisal administrasi atau accounting. Soalnya kamu punya kapasitas buat itu kalo dilihat dari cara pengerjaan soal tadi…”
Gue masih diem ajah. Huff, lampu ijonya koslet tuh jadinya mati deh.
“Kenapa kamu enggak kuliah aja?” tanya Bapak Alex sambil masih menatap gue.
Gue menghela nafas berat. “Yah, pak. Buat makan saja susah apalagi kuliah…”
“Coba kamu cari di internet, biasanya ada program beasiswa bagi orang yang enggak mampu loh…”
Gue diem aja mendengar saran dari bapak Alex itu. Tapi sejujurnya gue ngerasa gue ini dihargai. Pertama kali merasa dihargai orang lain.
Pak Alex nampak menghela nafas juga. “Ini bukan penghiburan. Sejujurnya saya cuma enggak pengin kamu mulai lagi dari nol. Ingat, kamu punya kemampuan…”
Gue berterima kasih atas nasehat dai pak Alex tersebut. Gue keluar ruangan dengan perasaan lega. Yah, pada awalnya gue juga enggak niat-niat amat pindah kesini. Biarlah kerja jadi OB dulu. Mungkin Tuhan punya kehendak lain.

Gue samperin Gopur yang kini mulai agak mendingan. Dia nanya gimana sama gue yang gue jawab dengan wajah ceria.
“Ketrima dong?”tanya Gopur.
Gue cerita sama gopur tentang nasehat pak Alex tadi. Dia mendengarkannya seksama. Sudah itu gantian gue yang tanya sama dia, tapi dengan kecut dia bilang kalo harapannya kecil. Dia banyak enggak bisa jawab soal dari Pak Alex.

Di Stasiun kami masih nongkrong menunggu kereta. Gopur kelihatan murung gitu. Dia merasa harapannya bisa kerja segera mungkin, musnah. Yah, apa mau dikata. Gue sebagai teman cuman bisa bilang; “Paling enggak kita udah punya pengalaman cari kerja, Pur…”
Dia masih senyum kecut. Gimana lagi… kalo sampai minggu depan dia enggak juga dapet kerja, dia musti pulang kampung karena biaya hidup di Jakarta mahal! Gue memandang sedih sohibku ini.

Sorenya, sesampainya dikos, hujan turun lumayan lebat. Tapi cuman sebentar terus panas lagi. Ah, kalau dikampung kalo abis ujan gini pasti bakalan ada pelangi. Lalu gue sibuk berhayal, andaikan diujung pelangi itu ada bidadari yang mau jadi cewe gue, maklum jomblo seumur-umur sih.
 Apa di Jakarta ini ada pelangi juga yah? Tapi kalo sekarang sih gue enggak bakalan meminta bidadari jadi pacar gue, sumpah! Yang gue harapin sekarang, moga aja di ujung pelangi itu memang ada laprechaun yang menumpuk harta dan sudi membagi untuk gue dan juga Gopur.
Karena gue, Gopur dan ratusan orang di Indonesia ini masih punya sisa-sisa mimpi. Kayaknya kuliah itu asik, yah….






Tidak ada komentar:

Posting Komentar